Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Profesi Ahli Forensics


Pertama kita harus mengerti dulu, apa sih itu Forensik?
Forensik adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains. Dalam kelompok ilmu-ilmu forensik ini dikenal antara lain ilmu fisika forensik, ilmu kimia forensik, ilmu psikologi forensik, ilmu kedokteran forensik, ilmu toksikologi forensik, ilmu psikiatri forensik, komputer forensik, dan sebagainya.
Mungkin ada member CCSI yang berminat???
Kalo aq pribadi sih kayaknya gak akan sanggup buat liat mayat, apalagi harus autopsy orang mati *gak bakat jadi dokter* 

Okay, back to topic, adalah penting bagi seorang Ahli Forensik untuk memiliki kode etik yang kuat dalam mengemban pekerjaannya. Ini adalah semata-mata untuk menemukan kebenaran. Karena banyak sekali Ahli Forensik yang kesaksiannya dalam kasus pidana bisa menjadi faktor penentu dalam keputusan juri di pengadilan sebagai bukti, penentuan penyebab kematian, membantu dalam membentuk analisa lewat data yang dia berikan. Mereka harus mampu mengumpulkan bukti, melakukan analisis dan memberikan kesaksian mereka.

Berikut ini adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi seorang Ahli Forensik yang baik :


- Memiliki Dasar Ilmu yang Kuat

Kalian tahu, Ahli Forensik bukanlah bidang yang dapat dengan mudah kalian kuasai hanya dengan bermodal mimpi saja. Pendidikan sangatlah penting, Jika Anda memilih untuk bekerja di bidang ilmu forensik, mulailah dengan mendapatkan gelar sarjana atau universitas, dan menguasai 3 bidang ilmu utama dalam Forensik, yaitu ilmu patologi forensik, ilmu forensik klinik, dan ilmu laboratorium forensik.

- Dapat Menyajikan Informasi Dengan Jelas Dan Akurat

Tiap Ahli Forensik juga perlu memiliki keterampilan yang kuat berbicara di depan umum. Ini termasuk yang mampu menyajikan istilah ilmiah yang dapat dimengerti oleh setiap orang, dan dalam cara penegakan hukum, hakim, dan juri dengan mudah mengerti. Untuk mempersiapkan ini, Anda dapat mempertimbangkan mengambil kursus pidato atau kelas public speaking.

- Mempunyai Ketelitian Terhadap Detail

Ahli Forensik harus sangat memperhatikan setiap detail sekecil apapun itu. Keterampilan ini memungkinkan mereka untuk hati-hati memeriksa dan menganalisa bukti. Hal ini juga membantu mereka dalam membuat catatan lengkap dan akurat untuk digunakan dalam mengembangkan kesimpulan dan menghasilkan laporan yang berguna untuk diteruskan oleh para penyelidik atau detektif dalam menentukan deduksi mereka.

- Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Ahli Forensik yang ingin sukses harus memiliki rasa ingin tahu tingkat tinggi. Bagaimana, Mengapa dan Kapan adalah pertanyaan seorang Ahli Forensik yang perlu ditanamkan di dalam kepala setiap hari, dalam setiap kasus atau analisa apapun. Ketertarikan dalam belajar dan mengembangkan cara-cara baru dan lebih baik untuk mengumpulkan bukti adalah sifat dasar setiap calon Ahli Forensik yang harus dimiliki, tak terkecuali

---

Sangat baik juga bagi Detektif untuk setidaknya memiliki dasar-dasar pengetahuan dalam bidang Forensik, karena akan sangat membantumu dalam menyelidiki Kasus yang kamu tangani, seperti hal nya Shinichi.

sumber : wikipedia, blog orang dan rangkuman dari sumber sumber blog orang ...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar