Inilah istilah-istilah yang ada pada computer,yang kami rangkum dalam berbagai sumber.
1 Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga 2 informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya.
2 Download Unduh (Inggris: download) dan unggah (bahasa Inggris: upload) dalam teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.
3 Driver adalah software yang menjembatani antara hardware dengan komputer. Misalnya kita ingin meng-connect modem kita dengan laptop
File system merupakan struktur logika yangdigunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk.
4 Device driver driver perangkat atau perangkat lunak driver adalah program komputer yang memungkinkan tingkat yang lebih tinggi program komputer untuk berinteraksi dengan perangkat keras.
5 Crash, merupakan kegagalan komputer saat memproses sesuatu atau kegagalan dalam penggunaan komputer yang mengakibatkan komputer menjadi hang/macet/tidak berfungsi secara normal.
6 Default kembali ke settingan awal suatu program sesuai pertamanya
7 Desainer orang yang pekerjaannya membuat desain
8 Device suatu perangkat lunak yang berupa barang elektronik
9 Direct mapping suatu bentuk penelusuran data
10 Directory tempat untuk menyimpan file atau data
11 Disk suatu media untuk menyimpan file atau data
12 Disk address alamat data atau file di dalam disk
13 Disk drive perangkat untuk membaca disk
14 Encoding adalah proses meletakkan urutan karakter (huruf, angka, tanda baca, dan simbol-simbol tertentu) ke dalam format digital khusus
15 entity adalah sesuatu yang memiliki keberadaan, yang berbeda terpisah, meskipun hal ini tidak perlu keberadaan material.
16 Error secara umum adalah "ksalahan"/kerusakan
17 Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto
18 Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya
19 Download Unduh (Inggris: download) dan unggah (bahasa Inggris: upload) dalam teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.
20 Driver adalah software yang menjembatani antara hardware dengan komputer. Misalnya kita ingin meng-connect modem kita dengan laptop
21 File system merupakan struktur logika yangdigunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk.
22 Device driver driver perangkat atau perangkat lunak driver adalah program komputer yang memungkinkan tingkat yang lebih tinggi program komputer untuk berinteraksi dengan perangkat keras.
23 Crash, merupakan kegagalan komputer saat memproses sesuatu atau kegagalan dalam penggunaan komputer yang mengakibatkan komputer menjadi hang/macet/tidak berfungsi secara normal.
24 Default kembali ke settingan awal suatu program sesuai pertamanya
25 Desainer orang yang pekerjaannya membuat desain
26 Device suatu perangkat lunak yang berupa barang elektronik
27 Direct mapping suatu bentuk penelusuran data
28 Directory tempat untuk menyimpan file atau data
29 Disk suatu media untuk menyimpan file atau data
30 Disk address alamat data atau file di dalam disk
31 Disk drive perangkat untuk membaca disk
32 Encoding adalah proses meletakkan urutan karakter (huruf, angka, tanda baca, dan simbol-simbol tertentu) ke dalam format digital khusus
33 entity adalah sesuatu yang memiliki keberadaan, yang berbeda terpisah, meskipun hal ini tidak perlu keberadaan material.
34 Error secara umum adalah "ksalahan"/kerusakan
35 Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
File suatu atau bentuk data
36 Feature adalah aplikasi2 yang dimiliki suatu program
37 Hardware perangkat keras seperti monitor, cpu
38 Human-interface device adalah proses tatap muka antara manusia atau user dengan perangkat elektronik
39 Data page sebuah data yang terdapat dalam halaman2 file
40 Datagram sebuah data yang berbentuk diagram
41 CPU processing saat proses central processing unit memproses data
42 Host server utama dalam koneksi
43 CPU utilization adalah salah satu faktor kinerja yang baik terlalu diremehkan dan berlebihan pada saat yang sama
44 Debug adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk meng-analisa alur kerja program,
45 Dependencies adalah Sebuah class yang membutuhkan class lain untuk spesifikasi classnya.
46 disk arm adalah istilah kinerja digunakan pada AS/400
47 Dispatcher adalah modul yang memberikan kontrol CPU kepada proses yang sedang terjadwal
48 Direct memory access (DMA) adalah fitur dari komputer modern dan mikroprosesor yang memungkinkan subsistem perangkat keras tertentu dalam komputer untuk mengakses system
49 Exception adalah singkatan dari Exceptional Events atau dalam bahasa indonesianya kesalahan (error)
yang terjadi pada saat pembuatan program dan saat runtime, mengakibatkan gangguan pada alur exekusi.
50 Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet
51 FCFS (First Come First Served). Algoritma ini merupakan algoritma penjadwalan yang paling sederhana yang digunakan CPU.
52 Handler adalah sebuah aplikasi web browser buatan Handler,dimana terdapat pengaturan penyisipan free query server untuk akses free gprs.
53Head adalah komponen yang paling mahal dari hard disk dan karakteristik head sangat menentukan kinerja hard disk.
54 Handshaking adalah proses negosiasi otomatis yang secara dinamis menentukan parameter dalam pembentukan kanal komunikasi antara dua entitas normal sebelum komunikasi melalui kanal dimulai.
55 Forwarder adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Export dan Import.
56 DMA request adalah sebuah prosesor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO
57 Daisy chain adalah interkoneksi perangkat komputer, peripheral, atau node jaringan dalam seri, satu demi satu
58 Cycle stealing digunakan untuk menggambarkan "mencuri" dari siklus CPU tunggal, misalnya, untuk memungkinkan controller DMA untuk melakukan operasi DMA.
59 CPU processing saat proses central processing unit memproses data
Host server utama dalam koneksi.
Host server utama dalam koneksi.
63 Administrator pengelola administrasi,
64 Algoritma Rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman
65 Algoritma FCFS Algoritma kriptografi (cryptographic algorithm) berupa persamaan matematik
67 Algoritma round robin Pembulatan angka ke bilangan bulat terdekat.
68 Algoritma SJF Algoritma kriptografi (cryptographic algorithm) berupa persamaan m
atematik
69 Algortima penjadualan Kegiatan yang dilaksanakan oleh sistem operasi
70 Antrian: Rangkaian antrian yang berisi deskriptor
71 Antrian ready: Proses siap dieksekusi.
72 Application code: Merupakan simbol yang terdiri dari huruf, angka, tanda baca, serta lamb
ang lainnya
73 Application space data: Bahan, data, keterangan, catatan, fakta. Fakta,
atau bagian dari fakta yang mengandung arti
waktu tetap
75 Attachment Alat pelengkap, penempelan, adhesi
76 Backup Menyalin beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama
77 Bad blocks daftar blok yang rusak
78 Bandwith memori serta perjanjian terlebih dahulu antara pihak pengirim
79 Bandwith disk Media penyimpanan data jenis Magnetic Tape
80Binary Data ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin komputer dan perangkat berbasis digital lainnya.
81System call : sekumpulan layanan yang berfungsi untuk bias memnggil operator saat di jalankan
82 Error :kekeliruan,atau kesalahan yang terjadi pada saat program di jalankan.
83 Multi programming : melayani banyak program sekaligus
84 Bootstrap: program awal
85 hardware : perangkat keras pada CPU
86 binary : kata-kata biner untuk pembuatan suatu program.
87 Nonmaskable interrupt : Permintaan darurat dari perangkat keras untuk suatu layanan dari mikroprosesor
88 compatible : kompatibel yang rumit,
89 Backup Menyalin beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama
90 Connection : koneksi pada kabel lan,untuk menghubungkan suatu program k program yang lain
91 default : standar data,
92 desainer : orang yang pekerjaannya membuat desain
93 device : peralatan perangkat lunak yang berupa barang elektronik
94 dimap : dipetakan supaya bias terarah yang mana kita liat.
95 waiting time : menunggu waktu di mana kita mengeksekusi suatu perintah.
96 work load : menunggu waktu di mana kita mengeksekusi suatu perintah
97 waiting state :menunggu penjelasan
98 waiting queue : menunggu rangkaian
99 wait : menunggu perintah saat di eksekusi
100 virtual : tidak nyata
101 user mode :pengguna mode
102 Turn arround time : waktu eksekusi + waktu menunggu
103 trap : Interupsi karena terjadinya kesalahan atau kondisi kekecualian /
105 Transfer destination :tujuan mengirim /
106 Timer request : waktu meminta /
107 Timer : waktu /
108 Time units : waktu satuan/
109 Throughput :jumlah kerja yang dapat diselesaikan dalam satu unit/T
110 hreading : jalan proses dengan urutan cepat /
111 Thread : urutan /
112 The call frame : memanggil page frame /
113 Text-processing : data proses yg berlangsung /
114 Terminate: Program yang menetap di memory /
116 Table : Suatu format yang terdiri dari baris dan kolom yang berisi informasi yang berkaitam satu dengan lain nya /
117 Sytem calls : pemanggil system /
118 Symmetric multiprocessing : Pemrosesan yang dilakukan dalam satu sistem operasi pada dua (atau lebih) prosesor/
119 Switching : Sistem elektronik yang dapat dipakai untuk menghubungkan jalur komunikasi /
120 Swap : proses memindahkan sebagian program dari memori utama ke media penyimpanan eksternal /
121 Super user : pengawas pengguna /
122 Stream character : penghantar karakter /
123 Stream : proses penghantar /
124 Storage device : media penyimpanan /
125 Status register : proses memori yg sangat cepat dalam transfer data /
126 Statik : statis /
127 State: Penjelasan dari kondisi internal mesin yang mengindikasikan apa yang baru-baru ini telah dikerjakan dan tugas apa yang akan dikerjakan selanjutnya. /
128 Starvation : kelaparan /
130 Source code : kode program /Software layering : perangkat grafika computer /
131 Software interrupt :pernagkat kejadian singkron yang merupakan tanggapan proses terhadap kondisi tertentu /
132 software : perangkat lunak /
133 Soft real time computing : pengolahan waktu bilangan /
134 Smart controller : control pintar /
135 Running state : penjelasan proses /
136 Routine :kebiasaan suatu set instruksi computer /
137 Random-access : bilangan akses /
138 Proses : proses /
139 Programmable interval timer : intiligen jarak waktu /
140 Processor : pengolah utama dari computer /
141Printer : alat pencetak /Preemptive : waktu pemproses /
142 Port : kanal dalam system komunikasi /
143 Polling : Metode pengendalian terminal /
144 Pointer : petunjuk /P
145 hysical memory : memori fisik /
146 physical formatting : format fisik /
147 Password : kata sandi /
148 Partition : penyekat atau pemisah /
149 Parameter : nilai yang mengikuti sebagai acuan /
150 Page table : format halaman /
151 page fault : halaman kesalahan /
152 overhead : biaya yang dikeluarkan /
153 output : keluaran /
154 option : pilihan-pilihan /
155 Offset : posisi
156 Nonmaskable interrupt : Permintaan darurat dari perangkat keras untuk suatu layanan dari mikroprosesor
157 Nonblocking : tidak memproses /
158 Node : titik yang dapat menerima input data kedalam network /
159 Networking : jaringan yang biasa di gunakan oleh user untuk ngenet.
160 new state : penjelasan baru dari pembaruan teknologi.
161 Network device : jaringan device para user
162 Network : jaringan internet yang mencakup dunia/
164 Multiprocessor : Satu komputer mempunyai dua atau lebih CPU /
165 Multi programming : banyak program /
166 Login : proses memasuki system /
167 Locking : proses pencegahan pemakaian /
168 Local socket : lingkungan stop kontak/
169 Load : memuat atau menunggu sesuatu yang sedang di eksekusi.
170 List : daftar penyimpan yang untuk menyimpan data-data yang akan di cari
171 Lightweight : mengakses berbagai informasi /
172 Library : Merupakan kumpulan dari subrutin, fungsi, prosedur, atau modul, yang disimpan pada satu atau beberapa file/
173 layer : lapisan konsep dalam networking.
174 Research Center (PARC) pada tahun 1972.
175 File suatu atau bentul data
176 Feature adalah aplikasi2 yang dimiliki suatu program
177 Hardware perangkat keras seperti monitor, cpu
178 Human-interface device adalah proses tatap muka antara manusia atau user dengan 179 perangkat elektronik
180 Data page sebuah data yang terdapat dalam halaman2 file
181 Datagram sebuah data yang berbentuk diagram
175 File suatu atau bentul data
176 Feature adalah aplikasi2 yang dimiliki suatu program
177 Hardware perangkat keras seperti monitor, cpu
178 Human-interface device adalah proses tatap muka antara manusia atau user dengan 179 perangkat elektronik
180 Data page sebuah data yang terdapat dalam halaman2 file
181 Datagram sebuah data yang berbentuk diagram
182 softwarme : perangkat lunak dalam CPU,biasanya yang terdapat di daalam nya berupa program2
183 user : pengguna dalam pemakaian dalam menjalankan suatu program
184 up to date : pembaharuan data2 yang ingin di tampilkan,atau pembaharuan data-data yang lama.
214 Interface Tampilan dari sebuah program.
215 Java Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.
216 Login Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
219 Library koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak.
220 Lightweight = protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan
221 Java virtual mechine = implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang menjalankan bahasa pemograman java Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
222 I/O application = software yang dibuat untukproses pemasukan dan keluaran data di computer
223 Application= Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.
224 Implementation :
1. Proses memasang (meng-install) sistem komputer.
2. Representasi sebuah bahasa pemrograman pada suatu sistem komputer.
225 Input = Memasukkan data ke dalam medium penyimpanan di computer
226 Journaling = Catatan kronologis operasi-operasi yang dilakukan oleh sistem komputer.
227 Looping = Proses serangkaian instruksi dalam sebuah program yang bisa diulang-ulang pelaksanaannya sampai tercapai kondisi tertentu.
185 Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer
186 Secondary storage adalah Simpanan kedua (di dalam memori, simpanan pertama adalah main memory), atau disebut auxiliary storage, permanent storage, backing storage, atau computer data bank.
187 Sector adalah Bagian dari tempat dari track yang terdapat pada piringan (disk) yang terdiri dari elemen-elemen penyimpan data.
188 Sector slipping is a technique used to deal with defective sectors in hard disk drives
189 Seek time adalah jumlah waktu yang diperlukan oleh lengan penggerak (actuator arm) untuk menggerakan head baca/tulis dari track ke track lain. Nilai yang di ambil adalah nilai rata-ratanya yang dikenal dengan average seek time.
190 Reboot digunakan untuk memperbaharui Sistem Operasi, yang merupakan basis operasi dari semua aplikasi yang terpasang pada komputer. Reboot dilakukan dengan cara mematikan seluruh sistem operasi dan menyalakannya kembali agar proses terulang dari awal. Reboot biasanya diperlukan saat menginstall driver sebuah device, misalkan VGA. Komputer akan beroperasi sepenuhnya pada perangkat baru setelah sistem operasi perangkat lama dimatikan dan dihidupkan kembali dengan mekanisme perangkat baru yang telah dipasang.
191 Shell
Program yang mem-provide interface antar user dan sistem operasi. Pada Windows 95/98, shell memaintain desktop atau graphical user interface
192 Shortest-job-first
Pada algoritma ini setiap proses yang ada di ready queue akan dieksekusi berdasarkan burst time terkecil. Hal ini mengakibatkan waiting time yang pendek untuk setiap proses dan karena hal tersebut maka waiting time rata-ratanya juga menjadi pendek, sehingga dapat dikatakan bahwa algoritma ini adalah algoritma yang optimal
193 Shortest-seek-time-first
Algoritma ini melayani permintaan seek track terdekat dari track dimana head berada. Kekurangan : lengan disk akan berkutat ditengah disk. Permintaan didaerah ekstrim (pinggir) akan menunggu sampai fluktuasi statistik menyebabkan tidak ada permintaan track-track tengah. Terdapat konflik antara meminimalkan waktu tanggao dengan fairness (adil).
194 Short-remaining time first (SRTF)
is a method of CPU scheduling that is a preemptive [defensive] version of shortest job next scheduling
196 Sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation. Sinkronisasi umumnya dilakukan dengan bantuan perangkat sinkronisasi
197 SistemSuatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
198 Sistem batch
berbagai data dr suatu transaksi dikelompokan terlebih dahulu dlm suatu batch pemrosesan sebelum data tersebut masuk kedalam sistem untuk diproses
199 Sistem operasi
Perangkat lunak sistem yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai
200 Sistem uniprosesor suatu komputer dengan sebuah central processing unit, berbeda dengan paralel processo
201 Slate Papan ketik berwarna hitam
202 Smart controller Sebuah pengendali pintar yang bisa di gunakan dari jarak jauh.
203 Soft real time computing Soft real time system tidak memberlakukan aturan waktu seketat hard real time system. Namun, sistem ini menjamin bahwa suatu proses terpenting selalu mendapat prioritas tertinggi untuk diselesaikan diantara proses-proses lainnya. Sama halnya dengan hard real time system, berbagai operasi dalam sistem tetap harus ada batas waktu maksimum.
Contoh penggunaan soft realtime ini adalah dalam media playback, visualisasi dalam ilmu pengetahuan, permainan online, aplikasi interaktif.
204 Standard merupakan elemen tunggal yang paling penting dalam mencapai integrasi informasi perusahaan dan sumber daya komunikasi.
205 Starvation kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Deadlock adalah suatu kondisi dimana dua proses atau lebih saling menunggu proses yang lain untuk melepaskan resource yang sedang dipakai.
206 State Penjelasan dari kondisi internal mesin yang mengindikasikan apa yang baru-baru ini telah dikerjakan dan tugas apa yang akan dikerjakan selanjutnya
207 Variable Data yang nilainya bisa berubah-ubah. Data tersebut biasanya disimpan dalam memory.
209 Virtual Tidak nyata. Digunakan umumnya untuk sesuatu bayangan kejadian dunia nyata yang dibentuk melalui teknologi. Seperti Virtual Reality, Virtual Community, dsb
210 Virtual address Alamat maya. Alamat yang dihasilkan dengan perhitungan menggunakan index register, base register, segment register dan sebagainya Virtual file system
211 Virtual memori adalah Bagian dari suatu hard drive yang diidentifikasi sebagai RAM melalui sistem operasi atau software lain
212 Wait queue is There are many times when a process must wait for a system resource. For example a process may need the VFS inode describing a directory in the file system and that inode may not be in the buffer cache. In this case the process must wait for that inode to be fetched from the physical media containing the file system before it can carry on
213 Index : Sebuah file atau direktori pada server yang biasanya berisi informasi tentang direktori atau situs Web, seperti hak akses, tanggal, dan bahkan daftar indeks lain (indeks).
214 Interface Tampilan dari sebuah program.
215 Java Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.
216 Login Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
217 Layer Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
218 kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
219 Library koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak.
220 Lightweight = protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan
221 Java virtual mechine = implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang menjalankan bahasa pemograman java Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
222 I/O application = software yang dibuat untukproses pemasukan dan keluaran data di computer
223 Application= Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.
224 Implementation :
1. Proses memasang (meng-install) sistem komputer.
2. Representasi sebuah bahasa pemrograman pada suatu sistem komputer.
225 Input = Memasukkan data ke dalam medium penyimpanan di computer
226 Journaling = Catatan kronologis operasi-operasi yang dilakukan oleh sistem komputer.
227 Looping = Proses serangkaian instruksi dalam sebuah program yang bisa diulang-ulang pelaksanaannya sampai tercapai kondisi tertentu.
6 komentar:
Menulis postingannnya yang enak dibaca mas boffin
iyaa pak..
ntar aq perbaharuii..
Sudah lumayan...masih banyak berupa terjemahan bukan pengertiannya..but Its Ok..
ini hasil pemberahuan kami pak.,
nama anggota :
Boffin Kharsananda (10523402)
Cahyo Amali (10523400)
Wahyu Prasetio (10523404)
Fito Akbar (10523416)
Gegas Ainun (10523482)
Imam Al (10523499).
Ok..sudah diperiksa..
yoo pak,,,makasi pak....
Posting Komentar